Review Kuliah Audit I (19-3-09)

Sudah dua kali pertemuan ini, kelas B dapat menunjukkan kinerja yang cukup baik. Kinerja mengalami peningkatan, dimana moderator tidak lagi sekedar penyambung lidah audiens dan penyaji, tapi juga sudah bisa memoderasi jalannya seminar. Masih ada lagi kemampuan moderator yang harus diuji, apakah dia mampu memilah-milah pertanyaan (mana yang asal nanya, mana yang nge-tes, atau mana yang pertanyaan yang berbobot) dan menyimpulkan hasil dari seminar yang sudah terselenggara.

Komentator juga mengalami peningkatan baik dari segi kuantitas dan kualitas. Sebagian besar anggota penyaji juga sudah berusaha memberikan yang terbaik dan berimbang. Secara keseluruhan saya masih terpuaskan dengan kinerja kelas B. Ayo, yang masih belum berpartisipasi, segera saja!!! Apa yang anda tunggu?!

Beberapa pokok bahasan yang sempat menjadi pertanyaan di antaranya:

  • Tentang prosedur audit
  • Proses pengumpulan bukti audit
  • Pengaruh bukti audit terhadap laporan audit
  • Bagaimana jika bukti audit tidak valid
  • Format Kertas Kerja Audit
  • Siapa saja yang harus menyimpan dan boleh menggunakan arsip Kertas Kerja Audit
  • Pada saat mengaudit, perlukah melihat Kertas Kerja Audit tahun sebelumnya
  • Peer Review / Telaah Sejawat

Kesimpulan:

Tujuan utama auditor untuk memberikan pernyataan pendapat terhadap laporan keuangan dapat dicapai dengan mengumpulkan dan menilai bukti yang berhubungan dengan tujuan-tujuan audit tertentu. Tujuan-tujuan ini dijabarkan dari asersi-asersi manajemen yang terdapat dalam komponen-komponen laporan keuangan. Pernyataan manajemen dapat dibedakan menjadi lima kelompok yaitu: eksistensi atau terjadinya, kelengkapan, hak dan kewajiban, penilaian atau alokasi, serta penyajian laporan dan pengungkapan.

Dalam melaksanakan audit, aditor menggunakan judgement profesional dalam memilih prosedur dan jenis bukti untuk dapat memenuhi berbagai tujuan khusus audit. Judgement juga dipergunakan sebagai dasar yang layak untuk memberikan pendapat terhadap laporan keuangan secara keseluruhan. Prosedur yang dilaksanakan, bukti yang diperoleh dan penilaian auditor, seluruhnya harus didokumentasikan dalam kertas kerja yang merupakan pendukung utama laporan auditor dan bukti bahwa audit telah dilaksanakan sesuai dengan standar-standar auditing yang diterima umum.

Oke, itu review Kuliah Audit I hari Kamis tanggal 19 Maret 2009. Untuk nilainya bisa anda lihat di sini.

2 Komentar »

  1. linda said

    Bu, tolong dong ksh saya referensi buku apa sih yang full ngebahas soal peer review, saya perlu untuk pembuatan skripsi.trims bu

    • Dyah said

      di boynton ada, kayaknya cuman memang nggak full… kalo buat skripsi mungkin lebih baik cari penelitian sejenis yang membahas soal peer review, saya rasa itu lebih baik… anda bisa mencari penelitian-penelitian terdahulunya lewat link2 yang ada di blog saya…

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: