Simpulan: Penerimaan Penugasan dan Perencanaan Audit

Sebelum auditor memutuskan untuk menerima penugasan audit, auditor harus yakin bahwa dia mampu untuk menyelesaikan audit sesuai dengan seluruh standar profesional yang ditetapkan termasuk standar-standar auditing yang diterima umum, Kode Etik Akuntan Indonesia dan standar-standar pengawasan mutu. Langkah-langkah penting dalam menerima penugasan termasuk mengevaluasi integritas manajemen, mengidentifikasi kondisi-kondisi khusus dan risiko-risiko yang tidka biasa, memperkirakan kompetensi, mengevaluasi integritas manajemen, mengidentifikasi kondisi-kondisi khusus dan risiko-risiko yang tidak biasa, memperkirakan kompetesni, mengevaluasi independensi, menentukan apakah penugasan dapat diselesaikan dengan cermat dan seksama, serta membuat surat perjanjian.

Perencanaan yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam pekerjaan audit. Langkah-langkah perencanaan meliputi kegiatan-kegiatan memperoleh pemahaman tentang industri dan usaha klien, melaksanakan prosedur-prosedur analisis, membuat judgement awal tentang tingkat materialitas, mempertimbangkan risiko audit, menyusun strategi audit awal untuk asersi-asersi yang signifikan, dan memperoleh pemahaman tentang struktur pengendalian interen klien.

Daftar pertanyaan:

  1. Jelaskan kelemahan cara-cara auditor dalam mengevaluasi integritas manajemen!
  2. Perlukah auditor berkomunikasi dengan auditor lama?
  3. Apa yang dimaksud dengan common size financial statement?
  4. Apa yang dimaksud dengan spesialis dalam konteks topik ini dan mengapa antara auditor, klien dan spesialis harus mempunyai kesamaan pengertian sifat pekerjaan yang harus dikerjakan oleh spesialis?
  5. Apa yang dimaksud dengan integritas manajemen sampai-sampai memiliki pengaruh terhadap kemungkinan terjadinya salah saji material?
  6. Bagaimana auditor tahu bahwa saldo awal itu wajar, jika pada tahun sebelumnya laporan keuangan diaudit oleh auditor lain?

2 Komentar »

  1. ila said

    ibu untuk soal yang ini ada jawabannya tidak buk ?

    • Bu Dyah said

      ada, kok… di buku… hehehe… rajin2 baca aja…

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: