Review Kuliah Audit I (30/4/09)

Alhamdulillaah… akhirnya kelar sebagian juga…

Kok cuman sebagian, bu. Maap… lagi bener-bener handsfull neeh… Tinggal nilai responsi aja yang belum masuk… Laennya sudah oke, kok

So, ringkasnya kuliah kemaren agak mengecewakan. Saya bener-bener ngantuk banget dibuatnya. Ayo, dunk… semangat lagi kayak kemaren-kemaren. Anda harus selalu siap untuk menghadapi kemungkinan bahwa yang kalah hompimpah itu anda dan harus maju ke depan. Jadi apapun keadaannya, anda harus selalu menguasai pokok bahasan hari itu.

Entah mengapa moderator kok cuman memberikan kesempatan bagi lima penanya aja. But it’s okay laah… ntar kalo kelamaan, bisa pingsan di belakang saya… Come on, you can do better than that!!!

Anyway, ini pertanyaan yang muncul kemaren:

  1. Jelaskan kenapa sistem akuntansi yang digunakan dalam suatu perusahaan sangat berpengaruh pada struktur pengendalian interennya?
  2. Sumber-sumber informasi apa sajakah yang dapat dimanfaatkan auditor untuk memahami pengendalian interen kliennya?
  3. Dalam melakukan uji pengendalian, kesalahan / kekeliruan dan hambatan apa saja yang mungkin harus dihadapi oleh auditor?
  4. Dampak lingkungan pengendalian yang berkaitan dengan sifat, saat dan ruang lingkup audit apa saja?
  5. Mengapa jika terdapat perubahan prinsip akuntansi / standar akuntansi berpengaruh terhadap penaksiran risiko manajemen?

Summary:

Standar pekerjaan lapangan yang kedua meminta auditor untuk memperoleh pemahaman yang memadai atas unsur-unsur struktur pengendalian interen untuk merencanakan audit. Sifat dan lingkup prosedur-prosedur yang digunakan dalam memperoleh pemahaman dipengaruhi oleh strategi audit (primarily substantive approach atau the lower assessed level of control risk approach), pengalaman auditor sebelumnya dengan klien, dan ukuran serta kerumitan operasi klien. Pemahaman auditor atas struktur pengendalian interen harus didokumentasikan di dalam kertas kerja melalui penyelesaian kuesioner, bagan alir, dan atau uraian tertulis.

Daftar Nilai Sementara Bisa Diliat di sini (update tgl 2 Mei 2009).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: