Responsi Audit Manajemen (1/5/09)

Soal No. 1

Sebutkan dan jelaskan karakteristik SPM yang baik?

  1. Pernyataan Tujuan Perusahaan. Harus dinyatakan dengan jelas dan disosialisasikan ke berbagai tingkatan manajemen untuk dipahami.
  2. Rencana Perusahaan. Digunakan untuk mencapai tujuan dan harus disusun untuk mencapai sasaran perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang, yang biasanya juga diikuti dengan penentuan strategi untuk mengimplementasikannya.
  3. Kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia yang Memadai. Perencanaan yang telah ditetapkan oleh perusahaan harus didukug oleh ketersediaan SDM yang memadai dalam merealisasikan rencana tersebut. Keberadaan SDM menjadi sangat penting karena semua wewenang dan tanggung jawab berhubungan dengan keberadaan SDM tsb.
  4. Kebijakan dan Praktik yang Sehat. Berbagai kebijakan dibuat untuk mendukung kelangsungan praktik yang sehat di dalam perusahaan. Oleh karenanya, perumusan kebijakan harus memperhatikan kepentingan berbagai pihak yang ada dalam perusahaan.
  5. Sistem Review yang Efektif. Menyangkut bagaimana pihak-pihak yang berwenang melakukan review terhadap berbagai kegiatan yang dilakukan.

Soal No. 2

Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam audit lanjutan?

  1. Mengumpulkan Tambahan Informasi Latar Belakang. Usaha untuk mendapatkan data yang lebih lengkap dalam menganalisis aktivitas yang diaudit sebagai dasar pembuatan kesimpulan audit.
  2. Memperoleh Bukti. Merupakan fakta dan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan kesimpulan audit yang objektif, relevan dan bermakna / material.
  3. Membuat Ringkasan dan Mengelompokkan Bukti. Bukti-bukti yang telah didapat dalam audit kemudian diringkas dan dikelompokkan sesuai dengan elemen tujuan audit (kriteria, penyebab dan akibat.)
  4. Pengembangan Temuan dalam Audit Lanjutan. Pengumpulan dan sintesa informasi khusus yang bersangkutan dengan program / aktivitas yang diaudit, dievaluasi dan yang dianalisis karena diperkirakan akan menjadi perhatian dan berguna bagi pengguna laporan.
  5. Perubahan Luas dan Arah Pengembangan Temuan. Informasi yang diperoleh selama pengembangan temuan mungkin mengarahkan perlunya untuk melakukan perubahan arah atau tekanan terhadap audit yang telah direncanakan atau perlu dilakukannya perluasan atau pengurangan terhadap ruang lingkup audit.

Soal No. 3

Informasi apakah yang diperoleh auditor dari audit lanjutan yang dilakukan?

Informasi khusus yang berhubungan dengan program / aktivitas yang diaudit, dievaluasi dan yang dianalisis, penyimpangan yang terjadi di dalamnya, penyebab terjadinya penyimpangan, dan akibat yang ditimbulkan dari penyimpangan tersebut.

Soal No. 4

Apa tujuan penyusunan laporan audit dalam audit manajemen?

Menyajikan simpulan audit tentang elemen-elemen atas tujuan audit dan rekomendasi yang diberikan untuk memperbaiki berbagai kekurangan yang terjadi serta rencana tindak lanjut dalam mengaplikasikan rekomendasi tersebut.

Soal No. 5

Bagaimana wewenang dan peranan auditor dalam mengimplementasikan rekomendasi yang diberikan?

Auditor tidak memiliki kewenangan memaksa dan menuntut manajemen untuk melaksanakan tindak lanjut sesuai dengan rekomendasi yang diberikan, tetapi lebih menempatkan diri sebagai supervisor atas rencana, pelaksanaan, dan pengendalian tindak lanjut yang dilakukan.

Untuk update nilai dapat dilihat di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: